MA ALMATERA ADAKAN KEGIATAN PEMBELAJARAN ANTAR BANGSA

MA ALMATERA ADAKAN KEGIATAN PEMBELAJARAN ANTAR BANGSA

Temanggung – MA Al-Mu’min Muhammadiyah Tembarak (MA ALMATERA) menyelenggarakan kegiatan Internasional Virtual Learning (IVL), Sabtu (18/09/2021). IVL ini berupa pembelajaran antar bangsa yang diprakarsai oleh MA ALMATERA Temanggung dengan mengajak SMK Sungai Abong Muar Johor Malaysia. Pembelajaran ini dilakukan secara virtual di masing-masing negara.

Isi Internasional Virtual Learning ini adalah berdiskusi sesama pelajar kedua sekolah melalui google meeting meliputi bidang pendidikan, perkembangan kebudayaan masing-masing daerah, bahasa, dan teknologi. Pada kerjasama pembelajaran periode pertama ini, kedua pihak sepakat mengangkat tema “Indahnya Destinasi Wisata Lokal”. Kegiatan ini diikuti oleh pelajar dari masing-masing sekolah sejumlah 30 siswa yang dipilih secara acak.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mempererat silaturahim pelajar antar bangsa sehingga terjalin persaudaraan sesama yang erat dan membentuk simbiosis mutualisme dalam rangka membangun peradaban yang mulia” jelas Makmun Pitoyo, kepala MA ALMATERA.  Selain itu, pembelajaran berbasis online ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas pendidikan serta mengembangkan wawasan pelajar tentang berbagai macam budaya bangsa, imbuh laki-laki kelahiran Temanggung ini.

Pembelajaran ini berlangsung selama 2,5 jam yang dihabiskan dengan berdiskusi. “Pada kesempatan ini saya mempresentasikan objek wisata Botorono di Temanggung kepada teman-teman SMK Sungai Abong Malaysia” jelas Venita Khoirotul, peserta pembelajaran antar bangsa dari MA ALMATERA. Kegiatan diskusi dilanjutkan dengan berbagi pengalaman pembelajaran jarak jauh di masing-masing negara selama masa pandemi Covid-19.

Banyak manfaat yang bisa diperoleh dari kegiatan ini, sebagaimana diungkapkan oleh Bunga Findayu, santri MA ALMATERA, salah satunya menambah wawasan lebih mendalam tentang budaya lokal dan budaya bangsa asing. “Saya jadi tahu kegiatan pembelajaran di negara lain secara langsung, yang mungkin tidak saya dapatkan melalui media lain” ungkap santri kelas XI ini.

MA ALMATERA sukses selenggarakan pertukaran pelajar antar Indonesia-Malaysia. Selama 2 tahun berturut-turut MA AlMATERA mengadakan MoU dengan SMK DATUK SRI AMAR DIRAJA, yaitu pada tahun 2018 dan 2019. MoU yang seharusnya berlanjut pada tahun-tahun berikutnya terhenti karena pandemi yang belum berhenti hingga sekarang. Meskipun demikian, MA ALMATERA tidak berhenti memberikan pengalaman belajar yang luar biasa kepada anak didiknya. Sekolah berbasis pesantren ini terus berinovasi dalam dunia pendidikan, salah satunya kegiatan International Virtual Learning tersebut.

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: